PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RUTE BUS RAPID TRANSIT (BRT) DI KOTA CIREBON BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS PT. BIMA INTI GLOBAL)

Hendra Wijaya, Selvi Feliyanti, Lena Magdalena, Reza Ilyasa

Abstract


ABSTRAK

Tranportansi sangat menunjang kelancaran dan kemudahan masyarakat dalam melakukan aktivitas seharihari. Transportasi harus didukung dengan kualitas dan pelayanan yang baik. Sistem transportasi yang tertib, aman, selamat, nyaman, cepat, teratur, lancar dan dengan biaya yang terjangkau diperlukan masyarakat dalam mendukung aktifitasnya. Oleh sebab itu, penyelenggara sistem transportasi harus mengelola transportasi terutama transportasi publik secara efektif dan efisien serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Mengenal transportasi Bus Rapid Transit yang disingkat BRT atau populer di Indonesia dengan sebutan busway adalah sistem transit massal berbasis bus yang memberikan mobilitas cepat, nyaman dan berbiaya rendah dalam pelayanannya sebagai angkutan dalam perkotaan. Pemerintah Kota Cirebon juga sudah menerapkan moda terbaru tersebut dengan nama Bus Trans Cirebon yang mulai beroperasi pada tanggal 12 April 2021. Dengan transportasi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu alternative untuk mengurangi kemacetan, menunjang kelancaran dan kemudahan aktivitas masyarakat. Dan juga dapat merasakan kenyaman fasilitas yang disediakan dengan berbiaya rendah dan terjangkau. Dalam penelitian ini membahas mengenai perancangan sistem informasi membantu membuat sistem informasi rute Bus Rapid Transit (BRT) untuk dipakai masyarakat Cirebon. Sistem ini juga membantu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi rute, halte dan jadwal keberangkatan Bus Rapid Transit (BRT). Dengan adanya sistem ini juga memudahkan admin perusahaan dalam mengelola seperti tambah, edit dan hapus data rute, data halte, dan jadwal keberangkatan Bus Rapid Transit (BRT).

Kata Kunci : Sistem, Informasi, BRT


Full Text:

PDF

References


Krismiaji. (2015) Sistem Informasi Akuntansi Edisi keempat. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Anonim. 2017. Transportasi . dalam http://e journal.uajy.ac.id/7732/3/TA213706. Diakses pada 13 Juli 2021.

Warpani, S, 1990, Merencanakan Sistem Perangkutan , Penerbit ITB, Bandung.

1996. Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat No.271/HK.105/DRJD/96 Tentang Pedoman Teknis Perekayasaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Levinson, H., Zimmerman, S., Clinger, J., Rutherford, S., Smith, R.L., Cracknell, J., & Soberman, R. (2003). Bus Rapid Transit, Volume 1: Case Studies in Bus Rapid Transit. Transit Cooperative Research Program (TCRP) Report 90, published by the Transportation Research Board, Washington.




DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v11i2.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Alamat Sekretariat / Redaksi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org