PERANCANGAN DESAIN MERCHANDISE MENGGUNAKAN METODE KREATIF SEBAGAI PROMOSI BRAND PRODUK (STUDI KASUS : GIFA GROUP)
Abstract
ABSTRAK
Inovasi di era digital business sekarang membuat perusahaan berlomba melakukan promosi produk untuk bisa meningkatkan target penjualan. Produk merchandise menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian konsumen sebagai strategi promosi brand serta menjadi pembeda dari pesaing di pasaran. Dalam proses perancangan desain merchandise peneliti menggunakan Metode Kreatif. Terdapat 7 tahap penelitian yaitu (1) Identifikasi Kebutuhan didapat melalui wawancara dengan pemilik, dimana teridentifikasi kebutuhan media promosi apa yang tepat untuk memperkuat branding perusahaan dan menjangkau pasar lebih luas, (2) Identifikasi Tujuan menentukan media promosi yang dipilih yaitu merchandise karena mampu membangun branding perusahaan, (3) Identifikasi Masalah ini menemukan kendala yang mungkin bisa muncul ketika membuat desain produk merchandise yaitu Hardware dan Software, (4) Pengembangan Konsep pada produk merchandise menggunakan data visi dan misi perusahaan agar memiliki branding yang kuat sesuai kebutuhan perusahaan, (5) Perancangan Konsep yaitu mendesain produk merchandise melalui sketsa manual yang nanti akan diolah menjadi bentuk desain digital, (6) Pemilihan Konsep dilakukan diskusi antara desainer dan pemilik untuk memilih desain yang akan dibawa ke tahap produksi dengan pilihan desain merchandise pada Totebag dan Kaos, dan (7) Pengujian dilakukan metode voting melalui sosial media. Hasil voting dari 100 followers didapatkan 80 followers menyukai hasil desain merchandise sehingga media promosi ini dapat menyakinkan konsumen akan hasil kualitas produk yang akan dipasarkan.
Kata kunci: Promosi, Produk, Merchandise, Metode Kreatif, Branding
Full Text:
PDFReferences
Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan
Pembelian. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2).
Arifah, F. Q., & Saputri, M. E. (2018). Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying.
Sosiohumanitas, 20(1), 109–123. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v20i1.52
Bahrunsyah, M. A., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh bauran promosi dan brand awareness
terhadap minat beli topi kulit eervoleather. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1),
–46. https://doi.org/10.36407/jmsab.v1i1.18
Bashar, A., & Ahmad, I. (2012). Visual Merchandising And Consumer Impulse Buying Behavior :
An Empirical Study Of Delhi & Ncr. International Journal of Retail Management & Research
(IJRMR)., 2(4).
Bellavance, F., Landry, S., & Schiehll, E. (2013). Procedural justice in managerial performance
evaluation: Effects of subjectivity, relationship quality, and voice opportunity. British Accounting
Review, 45(3), 149–166. https://doi.org/10.1016/j.bar.2013.06.013
Cross, N. (2021). Engineering Design Methods: Strategies for Product Design (5th Editio). John
Wiley & Sons, Inc.
Ekawati, S., & Sha, T. L. (2019). Implementasi Strategi Manajemen Ritel Dalam Meningkatkan
Keunggulan Bersaing. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 48–57.
https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4316
Erviana, A., & Soegoto, D. S. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga
Kompetitif, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management,
(3).
Ginting, R. (2010). Perancangan Produk. Graha Ilmu.
Kotler, P., Armstrong, G., Swee-Hoon, A., Siew-Meng, L., Chin-Tiong, T., Yau, O. H.-M. (2017).
Principles of Marketing, An Asian Perspective (4th Editio). Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip, & Keller, K., L. (2016). Marketing Management (15 Edition). Pearson Prentice Hall,
Inc.
Maimunah, M., Sunarya, L., & Larasati, N. (2012). Media Company Profile Sebagai Sarana
Penunjang Informasi Dan Promosi. CCIT Journal, 5(3), 281–301.
https://doi.org/10.33050/ccit.v5i3.155
Maindoka, L., F., Tumbel, A., & Rondonuwu, C. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga
Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT. Wahana
Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3),
–1527.
Prakosa, R. F., & Tantowi, A. E. (2010). Perbandingan Metode Rasional Dengan Kreatif Untuk
Mendesain Alat Bantu Pasang Lampu. Forum Teknik, 33(2), 111–124.
Setiadi, N., R. (2013). Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan
Keinginan Konsumem (Cetakan ke). Kencana Prenada Media Group.
Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., Nyoman, N., & Y. (2019). Pengaruh Kualitas Produk
Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Jurusan Manajemen, 7(1), 26–33.
Tama, A. K. W., Novena, M. D., & Lestari, S. (2017). Perancangan Merchandise Guna Menunjang
Efektivitas Promosi. SENSI Journal, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.33050/sensi.v3i1.763
Wu, H. C., & Ai, C. H. (2016). Synthesizing the effects of experiential quality, excitement, equity,
experiential satisfaction on experiential loyalty for the golf industry: The case of Hainan Island.
Journal of Hospitality and Tourism Management, 29. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2016.05.005
DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Digit
Alamat Redaksi : LPPM Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Jl. Kesambi 202, Kota Cirebon 45133, Prov. Jawa Barat, Indonesia Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418 Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id Website: http://jurnaldigit.org | P ISSN : 2088-589X E ISSN : 2720-9636 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |