MEDIA PEMBELAJARAN TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY BAGI SISWA SMK KELAS X

Siti Aida Siswarana, Djuniadi Djuniadi

Abstract


Belajar merupakan proses mengenal dan memahami materi. Media pembelajaran yang saat ini sering digunakan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu dengan menggunakan buku. Namun media pembelajaran ini dirasa belum cukup efektif untuk dapat menyampaikan materi, khususnya materi yang kompleks seperti tata surya.Augmented reality merupakan teknologi mutakhir yang dikembangkan oleh seorang professor Jepang bernama Ronald T. Azuma yang mampu menggabungkan keadaan nyata dan keadaan maya yang hasilnya ditampilkan secara interaktif dan dalam waktu nyata (realtime).Teknologi ini bisa digunakan pada berbagai bidang seperti edukasi, hiburan, periklanan, kedokteran, presentasi, dan lain-lain.Sementara dalam bidang pendidikan saat ini masih menggunakan media pembelajaran monoton yang kurang disukai siswa SMK. Padahal untuk pelajaran Fisika materi tata surya dibutuhkan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Maka peneliti berinisiatif untuk membuat media pembelajaran augmented reality tata surya yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa sekolah menengah kejuruan kelas X. Media pembelajaran ini dibuat dengan software Unity 3D, Autodesk 3Ds Max 2015, Adobe Flash CC, dan Inno Setup. Media pembelajaran augmented reality tata surya ini akan disuguhkan AR dari planet-planet yang disertai informasi teks dengan tambahan audio yang dapat membantu memahami materi. Hasil pengujian kuesioner yang telah diberikan kepada ahli media dan respon pengguna, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini valid dan dapat memberikan efek positif bagi penggunanya. Pengguna dapat bermain sambil belajar dari media aplikasi ini, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan hasil pembelajaran yang baik setelah pengguna memainkan atau mencoba aplikasi media pembelajaran AR tata surya ini. Aplikasi media pembelajaran AR tata surya ini juga diharapkan mampu membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa kelas x SMK, sehingga proses kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Kata kunci: media pembelajaran 3D, augmented reality, tata surya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v5i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org