PENGENALAN KULINER KHAS CIREBON MELALUI APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA PLATFORM ANDROID
Abstract
Pengenalan kuliner khas Cirebon melalui teknologi Augmented Reality (AR) pada platform Android merupakan upaya inovatif untuk melestarikan dan mempromosikan kekayaan kuliner lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi AR yang dapat memberikan pengalaman interaktif bagi pengguna dalam mengenal berbagai jenis kuliner khas Cirebon. Metodologi penelitian melibatkan beberapa tahapan, dimulai dari studi literatur mengenai kuliner Cirebon dan teknologi AR, desain aplikasi, hingga implementasi dan pengujian aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AR yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pengetahuan pengguna tentang kuliner khas Cirebon. Pengguna dapat berinteraksi dengan elemen-elemen virtual yang muncul di lingkungan nyata mereka, menjelajahi berbagai jenis makanan, serta mempelajari cara pembuatan dan sejarah setiap hidangan. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya pelestarian budaya kuliner lokal dengan memanfaatkan teknologi modern. Aplikasi AR yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi alat promosi yang efektif untuk meningkatkan minat wisatawan dan masyarakat terhadap kuliner Cirebon, serta mendukung pengembangan industri pariwisata lokal.
Kata kunci: Augmented Reality, Kuliner, Cirebon, Aplikasi Android.
Full Text:
PDFReferences
Firmansyah KA, Eviyanti A. Implementasi augmented reality sebagai media pengenalan makanan khas jawa timur menggunakan metode marker based tracking berbasis android. Jurnal Teknik Informatika. 2023 Aug 31;15(2):65-70.
Sudarmilah E. Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Memperkenalkan Makanan Tradisional. Ainet: Jurnal Informatika. 2020 Mar 20;2(1):1-9.
Melisa E, Sari LM, Fitria DA, Sutabri T. Meningkatkan Budaya Kuliner Lemang Di Era Society 5.0. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset. 2024;2(1):46–52.
Tafakkur BO, Kharisma LPI, Rizal AA, Abdurahim A. Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pada Lesehan Kalisari Dengan Metode Based Marker Tracker. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia.2023;5(1):10–21.
Levyta F, Kusdiana RN. The Culinary Student Perspective in Using Augmented Reality for Practical Class Activity. In: 2023 International Conference on Digital Applications, Transformation & Economy (ICDATE). IEEE; 2023. p.1–5.
Pratiwi AP, Riyanto J. Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality. J Eng Technol Appl Sci. 2022;4(2):78–85.
Parman S, Fahrudin R, Lesmana MA, Putra PS. Penggunaan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Dalam Pemasaran Produk Real Estate. Jurnal Digit: Digital of Information Technology. 2023 Nov 30;13(2):189-200.
Martha D, Violeta V. Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Dana Kas Kecil Pada PT Graha Sarana Duta (Telkom Property). Sigma-Mu. 2019;11(2):13-22.
Dewi WN, Sevtiana A, Suwandi S, Julaeha TS. Perancangan Brand Identity Dan Banner Sebagai Media Promosi Bunabee Fashion Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Digit: Digital of Information Technology. 2022 May 27;12(1):54-66.
Karsa AH, Asfi M, Suwamdi S. Implementation Of Web-Based Guest Book Information System Using Agile Method At Pt. Syntax Corporation Indonesia. Eduvest-Journal of Universal Studies. 2024 May 20;4(5):4450-74.
Imam DK. Desain Dan Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Simulasi Rumah Berbasis Android. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika). 2018;2(2):51–6.
Rezaldi L, Nugroho MA, Anggoro PDW. Implementasi Vuforia Pada Aplikasi Augmented-Reality Pembelajaran Sistem Tata Surya. JuTI" Jurnal Teknologi Informasi". 2023;1(2):72–8.
Batubara AA, Sinaga IA. Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Rangkuman Isi Buku Pada Perpustakaan Fakultas Berbasis Android. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer. 2023;4(2):995–1001.
Kartiko V, Primandari PN. Media Pengenalan Peti Kemas Logistik Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JTIM: Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia. 2023;5(2):134–48.
Fortuna A, Saputra A, Ramadhan A, Prasetya F, Primawati P, Rahmadhani D. Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. In: SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika). 2022.
Cahyaningsih Y. Teknologi Augmented Reality pada Promosi Berbasis Android. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE). 2020;1(2):91–116.
Pillai SK, Iksan N, Abd Arif H, Panessai IY, Abdulbaqie AS, Yani A. Kemudahan Penggunaan Augmented Reality sebagai Alat Bantu Pembelajaran Online bagi Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Siswa Dalam Seni Ukiran Kayu. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science (JETAS). 2021;3(2):48–57.
DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v14i2.402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Suwandi Suwandi, Willy Eka Septian, Agus Sevtiana, Aulia Ramadhani, Reynaldi Reynaldi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi : LPPM Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Jl. Kesambi 202, Kota Cirebon 45133, Prov. Jawa Barat, Indonesia Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418 Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id Website: http://jurnaldigit.org | P ISSN : 2088-589X E ISSN : 2720-9636 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |