DESAIN UI/UX BIAYA PENGIRIMAN BARANG DEPO BANGUNAN TANGERANG SELATAN MENGGUNAKAN R&D MODEL

Norma Yunita, Erwin Trio Wijaya, Siti Marlina

Abstract


Salah satu sistem informasi yang marak digunakan adalah aplikasi android. Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Toko Depo Bangunan Gerai Tangerang Selatan merupakan supermarket Bahan Bangunan yang menyediakan kebutuhan membangunan dan merenovasi rumah mulai dari bahan bangunan hingga perlengkapan rumah tangga. Toko Depo Bangunan Gerai Tangerang Selatan saat ini telah mendistribusikan produknya secara nasional dengan 11 gerai di seluruh Indonesia. Toko Depo Bangunan Gerai Tangerang Selatan pada sistem biaya pengiriman barang masih dilakukan dengan cara konvensional dengan mencatat kedalam buku laporan hal tersebut dirasa kurang efektif dan efisien karena kebutuhan pelanggan yang melakukan pembelian terkadang tidak mengetahui biaya pengiriman yang diperlukan, hal tersebut membuat pelanggan lupa mempersiapkan biaya pengiriman yang sesuai selain itu sering terjadi manipulasi biaya pengiriman juga yang dilakukan oleh oknum pegawai yang kadang menambahkan biaya pengiriman tidak sesuai ketentuan toko Depo Bangunana Tanggerang. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode R&D model Richey and Klain. Perancangan desain menggunakan Figma untuk UI dan Unified Modelling Language untuk UX, kuisioner yang disebar mendapatkan 25 responden dan mendapatkan hasil bahwa desain yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan Depo Bangunan Tangerang.

Kata kunci: Desain UI/UX, Android, Prototype, Figma, Richey dan Klain


Full Text:

PDF

References


G. W. Lantang, A. D. Cahyono, and M. N. N. Sitokdana, “Analisis Risiko Teknologi Informasi Pada Aplikasi Sap Di PT Serasi Autoraya Menggunakan ISO 31000,” Sebatik, vol. 20, no. 1, pp. 36–43, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/441/156.

Nelly Monica, Sumitro Sarkum, and Iwan Purnama, “Aplikasi Data Mahasiswa Berbasis Android: Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhan batu,” It J. Res. Dev., vol. 3, no. 1, pp. 43–53, 2018, doi: 10.25299/itjrd.2018.

A. Yudi Permana and Puji Romadlon, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile,” SIGMA –Jurnal Teknol. Pelita Bangsa, vol. 10, no. 2, pp. 153–167, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/sigma/article/view/585/395.

M Ikhbal and Hari Antoni Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020, doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411.

Lintang Aji Yoga Pratama, Sis Churin Ien Aulia, and Galih Imam Suwarso, “Perancangan User Interface Aplikasi Pemesanan GOR Online (GORNESIA),” J. Innov. Futur. Technol. P-ISSN, vol. 4, no. 2, pp. 36–45, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.lppmunbaja.ac.id/index.php/iftech/article/view/2014/1146.

ZE. Ferdi Fauzan Putra, Hamidillah Ajie, and Ika Anwar Safitri, “Designing A User Interface and User Experience from Piring Makanku Application by Using Figma Application for Teens,” Int. J. Inf. Syst. Technol. Akreditasi, vol. 5, no. 3, pp. 308–315, 2019, [Online]. Available: https://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/145/145.

Selly Fransisca and Ramalia Noratama Putri, “Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D),” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 72–75, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/395/338.

Moh. Agung Arif and Abdillah, “Pengembangan Modul Belajar Mandiri LaTeX Beamer Sebagai Alternatif Media Presentasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika,” JTAM J. Teor. dan Apl. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 138–143, 2018, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/716/626.

Dea Febrista and Efrizon, “Pengembangan e-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio,” J. Vocat. Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 3, pp. 102–110, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index.

Tri Mahkota Dewa Graha Agung, Haris Abizar, and Soffan Nurhaji, “Media Pembelajaran Video Tutorial Kompetensi Tune Up Mesin Efi di SMKN 2 Pandeglang,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 21, no. 1, pp. 23–27, 2021, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/28614/12608.

Angelica I and Nas C. Design UI/UX Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. 2023; 1(1): 22-26.

Sri Oktra rafdi yallah and Yasdinul Huda, “Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator 3 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMKN 1 Sumatera Barat,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 1244–1255, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3046/2606.

Yuli Maulidiyah, Khusni Mubarok, and Ery Rahmawati, “Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitar ku Siswa Kelas IV SD,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 8, no. 1, pp. 606–615, 2022, doi: 10.36312/ jime.v8i1.2754/ http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME.




DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v13i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Digit : Digital of Information Technology




Alamat Redaksi :
LPPM Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202, Kota Cirebon 45133, Prov. Jawa Barat, Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org
 
P ISSN : 2088-589X
E ISSN : 2720-9636

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.