SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN PENERIMA PROGRAM RASKIN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA KELURAHAN KESAMBI

Agung Siswono, Nurul Bahiyah, Petrus Sokibi

Abstract


Abstrak

 

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan memasyarakatnya internet di masyarakat, maka Program raskin (program penyaluran beras untuk keluarga miskin) adalah sebuah program dari pemerintah. Program tersebut adalah sebuah upaya untuk mengurangi beban penyaluran dari rumah tangga miskin sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan ketahanan pangan dengan memberikan perlindungan sosial beras murah dengan jumlah maksimal 15 kg/rumah tangga miskin/bulan dengan masing-masing seharga Rp. 1.600,00 per kg di titik distribusi yaitu Kelurahan Kesambi. Selain sebagai titik distribusi Kelurahan Kesambi mempunyai peran untuk mendata keluarga miskin yang selanjutnya diajukan sebagai daftar keluarga miskin.

                Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dijadikan sebagai alternative aplikasi system yang membantu dalam mengambil keputusan untuk menentukan kelayakan penerima bantuan program raskin. Sistem Pendukung Keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW adalah suatu metode penjumlahan terbobot dengan menjumlahkan setiap nilai yang ada dalam kriteria dan perkalian bobot yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan dari data-data yang akan diproses.

 

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Raskin, dan Simple Additive Weighting(SAW)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v7i1.16

Refbacks




Alamat Sekretariat / Redaksi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org