Sistem Pengendalian Internal Atas Piutang Menggunakan Metode Analisis Umur Piutang (Aging Schedule) Pada CV. AGS’NIE

Widya Jati Lestari, Marsani Asfi, Arum Setiawati

Abstract


CV. AGS’NIE merupakan salah satu bentuk perusahaan yang bergerak di bidang distributor produk kosmetikyang beralamat di Villa Intan II Blok J9 Cirebon. Penjualan kredit CV Ags’nie kurang memperhatikan resiko yang timbul yaitu kerugian piutang apabila perusahaan tidak dapat menagihnya. Pada perusahaan ini belum memiliki catatan yang akuntabel dan belum menggunakan perhitungan piutang yang baik menurut standar akuntansi keuangan (SAK). Berdasarkan masalah tersebut maka dibuat aplikasi sistem pengendalian internal atas piutang menggunakan metode analisis umur piutang (aging schedule) pada CV. AGS’NIE. Metode yang digunakan adalah metode analisis umur piutang. Aplikasi yang dibuat dengan Bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Terdapat 2 user aplikasi yaitu bagian akuntansi dan manager. Analisis umur piutang mengelompokkan umurnya berdasarkan atas tanggal jatuh tempo piutang, yang dibagi ke dalam klasifikasi: belum jatuh tempo dicadangkan sebesar 5%, telah jatuh tempo 1-14 hari dicadangkan sebesar 10%, telah jatuh tempo 14-20 hari dicadangkan sebesar 15%, telah jatuh tempo 20-30 hari dicadangkan sebesar 20%, dan telah jatuh tempo diatas 30 hari dicadangkan sebesar 25%.Pengendalian internal adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengantisipasi kecurangan dan mengantisipasi kemungkinan piutang tak tertagih, dengan adanya pengendalian piutang dapat meminimalisasi kerugian yang di akibatkan piutang tak tertagih.Piutang merupakan sejumlah tagihan yang akan diterima oleh perusahaan dalam bentuk kas dari pihak lain, baik sebagai akibat penyerahan barang dan jasa secara kredit maupun sebagai akibat kelebihan pembayaran kas kepada pihak lain.

Kata kunci:Sistem, Pengendalian Internal, Metode Analisis Umur Piutang

Full Text:

PDF

References


Adhariani, M. 2017. “Analisis Sistem Pengendalian Intern Piutang Pada CV. Varia Rasa Banjarmasin” dalam Jurnal Socio Secretum Volume I(1)

Afifah Nur Natalia, Soebandhi Santirianingrum, Wardhana Rony 2015. “Analisis Sistem Pengendalian Atas Piutang Pada PT GIS” dalam Jurnal Spirit Pro PatriaISSN : 2443-1532

Baridwan,Zaki. 2014. Intermediate Accounting, Edisi 8. Yogyakarta: BPFE-UGM

Dera Pratama Arya, Sondakh J Jullie, Warongan L D Jessy. 2016. “Analisis Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Piutang Dan Kerugian Piutang Tak Tertagih Pada PT Surya Wenang Indah Manado” dalam Jurnal EMBA Vol 4(1)

Dewi Trisna Antina. 2017. “Analisa Pengendalian Internal Piutang Dalam Meningkatkan Efektivitas Penagihan Piutang Pada PT Garam (Persero) Surabaya”

Hery. 2015. Pengantar Akuntansi, Comprehensive Edition. Jakarta : PT.Grasindo.

Indrajani. 2017. Perancangan Basis Data dalam All in 1. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jauhari Khairul Kawistara, Priyanto Hidayatullah. 2015. Pemrograman Web. Bandung: Penerbit Informatika.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat

Maturidi, Ade Djohar. 2014. Metode Penelitian Teknik Informatika. Yoggyakarta:Deepulbish.

Puspasari Aprilia, Suhendra Dony Asep, Endang Kusnaeni. 2019. “Pengendalian Internal Piutang Pada PT Saurindotex Mandiri Bekasi” dalam Jurnal MEA 3(1)

Trisyanto. 2017.Analisis Dan Perancangan Basis Data. Surabaya: CV Garuda mas Sejahtera.




DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v9i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Alamat Sekretariat / Redaksi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org