PERANCANGAN VIDEO ANIMASI EDUKATIF PERUBAHAN ENERGI PADA SISWA KELAS TIGA SEKOLAH DASAR

Agus Sevtiana, Guntur Tri Saputra, Dino Wisata

Abstract


Media Pembelajaran merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu pelajaran dari guru/pengajar untuk dapat membuat anak didik lebih mengerti dengan materi ajar. SDN 1 JATISEENG adalah sebagai objek penelitian karena selain telah menorehkan banyak prestasi di sekolah dasar yang berlokasi di kecamatan Ciledug kabupaten Cirebon ini belum memiliki media pembelajaran dalam bentuk video edukatif, dari hasil survei terhadap obyek yang penulis teliti, sekitar 28% responden anak didik merasa kesulitan dalam memahami pelajaran dan sekitar 84% tertarik untuk belajar dengan metode baru yang lebih inovatif.Teknik ini sangat menarik dan inovatif sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi siswa didik dan membuat pemahaman terhadap materi bertambah, video edukatif ini akan digunakan saat mata pelajaran IPA berlangsung yaitu pada saat anak didik kelas 3 sekolah dasar mendapat materi Energi dan Perubahannya. Anime Studio Pro, Blender 3D dan Cyberlink Power Director adalah perangkat lunak untuk membuat teknik animasi dan Adobe Flash untuk membuat interaksi antar video dan pengguna.Setelah melakukan test/trial di sekolah dasar negeri 1 Jatiseeng yang ada di kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon, video edukatif “Energi dan Perubahannya” dengan teknik animasi ini mendapatkan hasil yang baik dengan 84% responden anak didik mengerti dengan materi yang disampaikan dalam animasi, 70% anak didik lebih memilih belajar dengan animasi dibanding dikelas dan 100 % setuju animasi diterapkan di kelas ketika belajar berlangsung.

Kata kunci : video edukatif, animasi, sekolah dasar, energi dan perubahannya.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni,Lia danNathalia, Kirana.Desain Komunikasi Visual (Dasar-dasar Panduan Untuk Pemula), Nusantara Cendekia. Bandung, 2005.

Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Banjarmasin: 1995.

Hakim, Arfiad Arsad. Nirmana Dwimatra (Desain Dasar Dwimatra). Penerbit Andi. Yogyakarta: 1984.

Purnawati dan Eldarni. Media Pembelajaran. CV. Rajawali. Jakarta : 2001.

Supriyono, Rakmat. Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Penerbit Andi. Yogyakarta: 2010.

Prakoso, Gatot. Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Penerbit Nalar. Jakarta: 2010.

Henry, Samuel. Praktis Membuat Game 3D. Graha Ilmu. Jakarta: 2005.

Djalle, Zaharuddin. The Making of 3D Animation Movie Using 3D Studio Max. Penerbit Informatika. Bandung: 2006.

Husaini, Fachri. Pembuatan Media Edukasi Ayo bermain Huruf Hijaiyah pada TPA AN-NUR Daleman. Naskah Publikasi : UNSA. Surakarta : 2013.

Hasanah, Uswatun. Penggunaan Media Video sebagai Sumber Belajar PAI dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Nilai Keislaman Siswa di Kelas X 3 SMAN 3 Bantul. Naskah Publikasi : UIN Kalijaga. Yogyakarta: 2015.

Purwasini, Rona Guines. Perancangan dan Pembuatan Animasi 2D “Kerusakan Lingkungan” Dengan Teknik Masking. Naskah Publikasi: STMIK AMIKOM. Yogyakarta: 2013.

Sukarno, Imam Satriaputra. Perancangan Motion Graphic Ilustratif Mengenai Majapahit untuk Pemuda-Pemudi. Naskah Publikasi : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Bandung : 2013.

Dwinanto, Piko Rizky. Produksi Video dan Animasi Motion Graphic 2D Bertema “Indonesia Diet Kantong Plastik” Menggunakan After Effect. Naskah Publikasi : AMIKOM. Yogyakarta : 2016.




DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v9i2.118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Digit




Alamat Redaksi :
LPPM Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202, Kota Cirebon 45133, Prov. Jawa Barat, Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org
 
P ISSN : 2088-589X
E ISSN : 2720-9636

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.