PENGEMBANGAN UI/UX APLIKASI QAYIM MASJID UNTUK PENGELOLAAN KEGIATAN MASJID MENGGUNAKAN HUMAN-CENTERED DESIGN
Abstract
ABSTRAK
Pengurus (Qayyim) Masjid memiliki tugas untuk mengelola berbagai macam data. Data yang diolah biasanya berupa data kegiatan serta keuangan. Selain mengelola, Qayyim Masjid juga harus menginformasikan kegiatan dan keuangan kepada jamaah. Pengelolaan data serta informasi tersebut masih banyak dilakukan dengan cara konvensional. Sehingga, menyebabkan Qayyim Masjid cukup kesulitan dalam mengelolanya. Selain itu, penginformasian data tersebut kepada jamaah membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga memungkinkan informasi tidak menyeluruh sampai ke semua jamaah. Sistem Informasi saat ini dapat membantu pengelolaan serta penginformasian data-data tersebut. Pada tahun 2020, aplikasi QayimMasjid pun dibangun untuk membantu Qayyim Masjid Riyadhushsholihin mengatasi permasalahan tersebut. Namun, setelah diuji dengan uji heuristik didapatkan bahwa UI/UX aplikasi tersebut masih perlu perbaikan minor dan kosmetik. Sehingga, UI/UX aplikasi tersebut dikembangkan dengan menggunakan metode Human-Centered Design dengan Scrum pada tahap pengembangan aplikasinya. Aplikasi yang juga dapat digunakan oleh Qayyim Masjid lain membuat aplikasi ini selain membutuhkan perbaikan UI/UX, dibutuhkan pula pengunggahan aplikasi ke playstore. Metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk dapat menjelaskan situasi aplikasi terbaru yang dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya. Jumlah pengguna yang melkukan uji heuristik awal dan akhir berjumlah 6 pengguna dan merupakan pengguna yang sama. Setelah pengguna tersebut menguji aplikasi, didapatkan hasil bahwa seluruh UI/UX telah semakin baik dan hanya perlu penyesuaian kosmetik saja.
Kata kunci: UI/UX, Mobile Application, Human-Centered Design, Uji Heuristik, Desain Ulang
Full Text:
PDFReferences
Maulani GAF, Sapril Mubarok TM (2020) Strategic Planning of Information Systems for Mosque
in Indonesia. Business Innovation and Entrepreneurship Journal 2:107–111
Nasution S, Nasution AH, Yamita F (2020) Mobile Application of Religious Activities for the
Great Mosque Islamic Center Rokan Hulu with Push Notification. In: Second International
Conference on Science, Engineering and Technology (ICoSET 2019). Scitepress, pp 155–162
Shaari MA, Samsudin R (2016) Mobile Mosque Companion Application (KakiMasjid). In: UTM
Computing ProceedingsInnovations in Computing Technology and Applications. pp 1–6
da Rocha Seixas L, Gomes AS, de Melo Filho IJ (2016) Effectiveness of gamification in the
engagement of students. Computers in Human Behavior 58:48–63
Dodik K (2018) Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Ibaadurrahman Berbasis Web.
Rahman RA (2013) Mengenal Sistem Informasi Manajemen. Mengenal Sistem Informasi
Manajemen. Accessed 21 Dec 2021
AW/AT (2021) Kemenag Pati Lakukan Pilot Project Digitalisasi Masjid.
http://pati.kemenag.go.id/berita/read/kemenag-pati-lakukan-pilot-project-digitalisasi-masjid-.
Accessed 21 Dec 2021
bin Fadzil MI, bin Omar R, bin Khamis KA, bin Syed Jaafar SMS (2020) The Effectiveness of
Smartphone Application Usability among E-society of Bertam Perdana Penang: A Case Study of
Masjid Abdullah Fahim E-Mosque Application. In: PervasiveHealth: Pervasive Computing
Technologies for Healthcare. ICST, pp 90–94
Quran Best Al Quran Indonesia Senyaman Cetak.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quranbest.app. Accessed 21 Dec 2021
Sudrajat A (2021) Ridwan Kamil Dorong DKM Masjid Kembangkan “Kencleng” Digital.
https://jabar.antaranews.com/berita/338425/ridwan-kamil-dorong-dkm-masjid-kembangkankencleng-digital?page=all.
Accessed 21 Dec 2021
Tolle H, Rokhmawati RI, Eunike MT (2020) Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk
Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic
Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. In: SIET’20: 5th International Conference on Sustainable
Information Engineering. pp 200–205
Ependi U (2017) Heuristic Evaluation for Mobile Application (Studi Kasus: Aplikasi Depo Auto
Tanjung Api Api Palembang). Jurnal SIMETRIS 8:
Tolle H, Rokhmawati RI, Eunike MT (2020) User experience design of malang city public service
information mobile application using human-centered design method. In: PervasiveHealth:
Pervasive Computing Technologies for Healthcare. ICST, pp 200–205
Vasilevski N, Birt J (2021) Human-Centered Design Science Research Evaluation for Gamified
Augmented Reality. Frontiers in Virtual Reality 2:122–130
Patrick E, Leo J, Kaijage S, Patrick E, Leo J, Kaijage S (2021) Design of an Interactive GeoLocation
Mobile Application for Civil Societies in East Africa. Journal of Software Engineering
and Applications 14:549–562
Pilz J, Deutschländer J, Thomaschewski J, Schön E-M (2021) Integrating Agile Human-Centered
Design with Lean UX and Scrum. In: WEBIST 2021 - 17th International Conference on Web
Information Systems and Technologies. Scitepress, pp 467–473
Ardito C, Baldassarre MT, Caivano D, Lanzilotti R (2017) Integrating a SCRUM-Based Process
with Human Centred Design: An Experience from an Action Research Study. In: Proceedings -
IEEE/ACM 5th International Workshop on Conducting Empirical Studies in Industry, CESI
Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., pp 2–8
WayQS (2021) QayimMasjid.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pkm.polban.qayimmasjid. Accessed 27 Dec
Nas C., and Ilham W. Pemetaan Kebudayaan Lokal Unggulan Masyarakat Cirebon Untuk Sektor Pariwisata Menggunakan SIG. Syntax: Jurnal Informatika. 2021; 10(1): 1-11. E-ISSN 2541-5344
DOI: https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Digit
Alamat Redaksi : LPPM Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) Jl. Kesambi 202, Kota Cirebon 45133, Prov. Jawa Barat, Indonesia Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418 Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id Website: http://jurnaldigit.org | P ISSN : 2088-589X E ISSN : 2720-9636 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |